Senin, 22 Oktober 2012

Cara Mengatasi Budaya Mencontek

Mencontek merupakan hal yang wajar di negara indonesia, mencontek biasanya dilakukan karena seorang individu malas untuk belajar. Berikut adalah cara untuk mengatasi budaya mencontek yang menjamur pada diri seorang individu menurut saya.
1. Buatlah catatan kecil
     catatan kecil tersebut dibuat untuk mempermudah kita belajar, sebelum itu buanglah jauh-jauh sifat malas yang ada pada diri kita untuk membuat catatan tersebut.
2. Biasakan membaca
    janganlah malas untuk membaca, karena membaca sangat di perlukan untuk menambah wawasan, apalagi unuk menjawab soal uraian singkat.
3. Percaya diri
    tanamkanlah jiwa percaya diri yang positif pada diri kita, jangan mudah terpengaruh oleh teman, karena walaubagaimanapun teman kita juga bisa salah dalam menjawab pertanyaan.
4. Persiapan sebelum ulangan
    walaubagaimanapun persiapan sangatlah penting, kuasai materi pelajaran yang akan diujikan terlebih dahulu agar saat menjawab tidak bingung.
5. Tingkatkan Iman
    apapun yang kita lakukan pasti dilihat oleh Allah SWT, apabila kita orang yang beriman dan percaya adanya tuhan, kita pasti tahu bahwa mencontek adalah perbuatan tercela yang dilarang oleh agama, jika kita takut akan Tuhan maka kita akan menjauhi diri dari perbuatan tercela seperti mencontek.

sekian dan terima kasih ^__^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar